Review

On Managing Your Self (Book Review…To Be)

Sebenarnya sih mungkin saya belum layak memberikan review untuk buku ini…karena belum selesai sodara-sodara…

Tetapi karena saya amat menyukai buku ini, biarpun baru baca sampai bab 3 dari 10 Bab…saya nekad menuliskan review demi mempromosikan buku ini pada teman semua.

Memang tidak semua orang menyukai buku non fiksi. Biasanya bayangan buku non fiksi adalah serius, tebal, membosankan.

Jangankan mau baca, ngeliatnya aja bikin males duluan. Apalagi pas baca judulnya: Manusia Zaman Pra-Sejarah….(ini saya ngarang doank sodara-sodara).

Padahal sih, pikir punya pikir (otak saya sendiri yang suka kadang asal sih) karya fiksi pun banyak yang super serius, super tebal (coba itu lihat Harry Potter), dan ada juga yang membosankan (kalo yang gak pas dengan selera kita).

Saya sendiri amat menyukai fiksi, karena kayaknya pas dengan otak saya yang suka berimajinasi.

Tapi ternyata memang dari kecil saya senang sekali berburu bacaan non fiksi. Kalau ke toko buku, biasanya yang saya pelototin pertama justru buku-buku non fiksi. Mulai dari buku self help dan motivasi (karena saya kalau lagi gundah gulana, galau durjana, ketemu masalah di kantor yang bikin penasaran, biasanya pertama-tama saya akan coba konsultasi dengan buku-buku yang saya punya), buku HR Management, general management, biografi, sejarah, sosial, budaya,termasuk psikologi, arsitektur dan buku-buku agama. Saya bahkan pernah membeli (dan kemudian berusaha membaca sampe jereng) buku-buku menjahit baju karena sebenarnya saya memang ingin sekali bisa jahit baju sendiri.

Setelah puas mengobrak-abrik buku-buku non fiksi, biasanya saya akan beranjak ke Young Adults novel, Children Books, Adult and fiksi lainnya. Saya sudah punya beberapa list penulis favorit jadi kebiasaan saya adalah memulai dari penulis-penulis tersebut. Tapi saya juga terbuka dengan penulis lainnya dan buku-buku yang belum pernah saya baca.

Anyway…saya percaya, kalau kelak saya berhasil menulis sebuah karya fiksi, maka salah satu penyebabnya adalah karena saya banyak membaca tulisan non fiksi tersebut.

Karena karya fiksi yang saya suka, yang menurut saya bagus (menurut saya lho, menurut Anda tentu saya bisa beda) biasanya cukup detil dan untuk fiksi non fantasy dan menggunakan setting beneran, butuh riset yang mendalam supaya gak kelihatan “bohong”nya.

So membaca buku non fiksi sangat berguna bagi mereka yang (bercita-cita) akan menulis karya fiksi.

Ok, sudah cukup pembukaannya ya (dan sudah cukup edit-editannya! Salah muluk nih ngetiknya)

Dalam “On Managing Youfself” ini, Harvard Business Review mengeluarkan 10 tulisan yang menurut mereka masih tetap relevan sampai saat ini. Salah satu tulisan yang saya suka (halah dari tiga tulisan doank) adalah “Management Time: Who’s Got Your Monkey? ” karyanya William Oncken, Jr.  dan Donald L. Wass. Tulisan ini sebenarnya sudah pernah dipublikasikan tahun 1974, tapi pas saya baca, ya ampuuuun…ini gue banget siyyy???–>reaksi o’on saya.

Isi utama tulisan ini sebenarnya mengenai bagaimana kita mengelola waktu dengan cara mampu memilah-milah mana yang sebenarnya kerjaan yang merupakan tanggung jawab dan memang role kita, dan mana yang sebenarnya pekerjaan atau role orang lain. Karena banyak orang yang justru waktunya malah habis mengerjakan pekerjaan orang lain (termasuk bawahannya), gara-gara mereka mau saja menerima pertanyaan atau menerima masalah yang “dilemparkan” rekan/bawahan sehingga bola panasnya ada di mereka, padahal sebenarnya isi pekerjaan tersebut termasuk tanggung jawab dan role  rekan atau bahkan bawahan mereka! Karena kita kadang suka gak sabaran dalam mementor atau meng-coach bawahan agar mereka bisa lebih berinisiatif, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya (termasuk kalau bertanya sesuatu itu harus dilengkapi dengan beberapa opsi jawaban, bukan sekedar bertanya dan mengharap si boss yang menjawab!), atasan biasanya suka mengambil alih peranan si bawahan atau rekan kerja, sehingga akhirnya waktunya habis mengerjakan pekerjaan orang lain!

Hoh….

Artikel menarik lainnya antara lain “Managing Oneself” yang merupakan artikel pertama dari buku ini, ditulis oleh Peter F. Drucker (Bapak Management, so people says), yang pada dasarnya menguraikan tiap orang itu belajar, berkembang, dan berkinerja dengan cara yang berbeda. Ada orang yang belajar dengan mendengar, ada yang menulis, bahkan ada yang belajar dengan berbicara. Ketika orang mengenali cara belajar yang cocok bagi mereka dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk bekerja, maka ia akan mendapatkan hasil optimal dan luar biasa. Mereka akan mempertajam dan mengasah kekuatannya, bahkan dapat meminimalisir kekurangannya.

Nah, itu dua artikel yang saya coba promosikan dalam review kali ini…ada 8 artikel lain yang saya yakin sama atau mungkin lebih menarik dan yang pasti akan bermanfaat bali kita, setidaknya bagi saya sendiri.

Ini list lengkapnya:

1. Managing Oneself (Peter F. Drucker)

2. Management Time: Who’s Got the Monkey? (William Ocken, Jr., and Donald L. Wass)

3. How Resilience Works (Diane L. Coutu)

4. Manage Your Energy, Not Your Time (Tony Schwartz and Catherine McCarthy)

5. Overloaded Circuits (Edward M. Hallowell)

6. Be a Better Leader, Have a Richer Life (Steward D. Friedman)

7. Reclaim Your Job (Sumantra Ghoshal and Heike Bruch)

8. Moments of Greatness: Entering the Fundamental State of Leadership (Robert E. Quinn)

9. What to Ask the Person in the Mirror (Robert S. Kaplan)

10. Primal Leadership: The Hidden Driver of Great Performance (Daniel Goleman, Rihard Bayatzis, and Annie Mckee)

On Managing Yourself, HBR’s 10 Must Reads

3 thoughts on “On Managing Your Self (Book Review…To Be)”

  1. pinjem ya ntar kl udah selesai baca? (hihihi baru nyadar kl udah lamaaa rasanya gak baca HBR lagi). judul2 babnya menarik, terutama yg “what to ask the person in the mirror”… (kira2 si kaplan ngomong apa ya?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s